PENGEMBALIAN BARANG BUKTI PERKARA APB

1.PERSYARATAN

  • Perkara telah putus dan berkekuatan hukum tetap dengan amar putusan barang bukti dikembalikan kepada pemohon/yang berhak
  • Kartu Identitas (KTP/SIM asli) beserta fotocopi sebanyak 1 lembar
  • Surat kuasa bermeterai Rp.6.000,- dari Pemohon kepada kuasanya, jika pengembalian barang bukti diwakili oleh orang lain.
  1. PROSEDUR
  • Pemohon meyerahkan semua persyaratan sesuai dengan point 1 kepada Petugas
  • Petugas PTSP memeriksa kelengkapan dokumen persyaratan dan memberikan informasi terkait dengan pelayanan.
  • Petugas PTSP menyerahkan dokumen persyaratan kepada Petugas barang bukti untuk seterusnya secara berjenjang diberikan kepada Kasi Barang Bukti dan Barang Rampasan.
  • Kasi Barang Bukti dan Barang Rampasan meneliti kelengkapan dokumen dan melakukan uji petik terhadap amar putusan barang bukti.
  • Kasi Barang Bukti dan Barang Rampasan memerintahkan Kasubsi Barang Bukti membuat Berita Acara Pengembalian Barang Bukti (BA-20).
  • Petugas Barang Bukti mengembalikan barang bukti kepada Pemohon/yang berhak setelah Berita Acara Pengembalian Barang Bukti (BA-20) ditandatangani oleh Pemohon/yang berhak, Jaksa, Saksi-Saksi dan diketahui oleh Kasi Barang Bukti dan Barang Rampasan.
  1. JANGKA WAKTU PELAYANAN
  • Maksimal 1 (satu) jam setelah menyerahkan persyaratan lengkap
  1. BIAYA
  • Tidak ada biaya (gratis)

PENGAMBILAN BARANG BUKTI TILANG

1.PERSYARATAN

  • Surat Tilang
  • Fotocopi Kartu Identitas (KTP/SIM)
  1. PROSEDUR
  • Pelanggar menyerahkan semua persyaratan sesuai dengan point1 kepada petugas PTSP.
  • Petugas PTSP memeriksa kelengkapan persyaratan dan memberikan layanan informasi melalui media informasi yang telah disediakan.
  • Petugas PTSP memberikan nomor antrian kepada Pelanggar.
  • Petugas PTSP memandu Pelanggar ke ruang tunggu loket pembayaran tilang.
  • Pelanggar menyerahkan surat tilang ke Petugas tilang.
  • Pelanggar menunggu panggilan nomor antrian.
  • Pelanggar membayar denda tilang sesuai putusan pengadilan kepada Petugas Bank BRI dan menerima bukti pembayaran.
  • Pelanggar menyerahkan bukti pembayaran denda tilang dari BRI kepada Petugas tilang untuk ditukarkan dengan barang bukti tilang (SIM/STNK/STUK/RANMOR).
  1. WAKTU
  • Maksimal 5 (lima) menit, sejak nomor antrian dipanggil.
  1. BIAYA
  • Tidak ada biaya (gratis)

PENERBITAN SURAT IZIN MENGUNJUNGI TAHANAN (T-10)

 

1.PERSYARATAN

  • Fotocopi Kartu Identitas berupa KTP/SIM sebanyak 2 (dua) lembar.
  • Tahanan yang akan dikunjungi dengan status Penahanan oleh Penuntut Umum (Tahanan Kejaksaan).
  1. PROSEDUR
  • Pemohon menyerahkan semua pesyaratan sesuai dengan point 1 kepada petugas PTSP.
  • Petugas PTSP memeriksa kelengkapan dokumen dan memberikan informasi terkait dengan pelayanan.
  • Pemohon menunggu diruang yang telah disediakan.
  • Petugas PTSP menyerahkan kelangkapan dokumen kepada staf pidum.
  • Staf pidum meneliti kelengkapan dokumen dan status penahanan pada Register Tahanan (RT-3)
  • Jika sesuai ketentuan, Kasi Pidum memerintahkan staf pidum membuat surat T-10.
  • Kasi Pidum menandatangani surat T-10.
  • Staf Pidum menyerahkan surat T-10 kepada Petugas PTSP.
  • Petugas PTSP menyerahkan surat T-10 kepada pemohon.
  1. WAKTU
  • Maksimal 30 (tiga puluh) menit, jika semua persyaratan lengkap.
  1. BIAYA
  • Tidak ada biaya (gratis)

 

PENERBITAN SURAT KETERANGAN PENGAMBILAN KELEBIHAN PEMBAYARAN  DENDA TILANG BRI

1.PERSYARATAN

  • Fotocopi Kartu Identitas berupa KTP/SIM sebanyak 2 (dua) lembar.
  • Fotocopi Bukti Pembayaran Uang Titipan BRI sebanyak 2 (dua) lembar.
  • Fotocopi Surat Tilang sebanyak 2 (dua) lembar.
  • Surat kuasa bermaterai Rp. 6.000,- dari Pelanggar kepada kuasanya, jika pengambilan kelebihan pembayaran denda diwakili oleh orang lain.
  1. PROSEDUR
  • Pelanggar atau kuasanya menyerahkan semua persyaratan dokumen kepada petugas PTSP.
  • Petugas PTSP memeriksa kelengkapan dokumen dan memberikan informasi terkait dengan alur proses pelayanan.
  • Pelanggar atau kuasanya menunggu diruang tunggu yang telah disediakan.
  • Petugas PTSP menyerahkan kelangkapan dokumen kepada petugas tilang.
  • Petugas Tilang meneliti kelengkapan dokumen.
  • Jika sesuai ketentuan, Kasi Pidum memerintah petugas tilang untuk membuat Surat Keterangan.
  • Kasi Pidum menandatangani surat keterangan.
  • Staf pidum menyerahkan surat keterangan kepada petugas PTSP.
  • Petugas PTSP menyerahkan surat keterangan kepada pelanggar atau kuasanya.
  1. WAKTU
  • Maksimal 30 (tigapuluh) menit, jika semua persyaratan lengkap.
  1. BIAYA
  • Tidak ada biaya (gratis)

 

PENDAMPINGAN TIM PENGAWALAN DAN PENGAMANAN PEMERINTAH DAN PEMBANGUNAN DAERAH (TP4D)

 

1.PERSYARATAN

 

  • Surat Permohonan TP4D dari instansi pemerintah daerah/BUMD/dll
  • Pelayanan pendampingan TP4D hanya untuk mengawal proyek-proyek strategis sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

  1. PROSEDUR
  • Pemohon menyerahkan semua persyaratan dokumen sesuai dengan point 1 kepada petugas PTSP.
  • Petugas PTSP memeriksa kelengkapan dokumen dan memberikan informasi terkait dengan alur proses pelayanan.
  • Petugas meminta nomor kontak untuk memberikan informasi perkembangan permohonan yang diusulkan kepada pemohon.
  • Petugas PTSP menyerahkan surat permohonan kepada staf sekretariat untuk disposisi pimpinan
  • Pimpinan menerbitkan Surat Perintah kepada Kasi Intelijen
  • Kasi intelijen mengirim surat undangan kepada pemohon
  • Pemohon mendiskusikan dan memaparkan kegiatan akan didampingi di depan tim TP4D
  • Tim TP4D melakukan telaahan layak atau tidaknya mendapatkan pendampingan tentang kegiatan yang telah dipaparkan oleh pemohon.
  • Kasi Intelijen selaku ketua TP4d mengirimkan surat pemberitahuan kepada pemohon tentang hasil telaahan.
  • Jika kegiatan disetujui untuk pendampingan, Kasi Intelijen menerbitkan Surat Perintah.
  • Pemohon membuat dokumen Fakta integritas
  • Pemohon mendapatkan pendampingan.
  1. WAKTU
  • Maksimal 7 (tujuh) hari kerja, jika semua tahapan selesai dilaksanakan.
  1. BIAYA
  • Tidak ada biaya (gratis)

 

PENYULUHAN HUKUM

 

1.PERSYARATAN

  • Surat permohonan untuk mendapatkan penyuluhan hukum kepada Kepala Kejaksaan Negeri Pariaman.
  1. PROSEDUR
  • Pemohon menyerahkan persyaratan dokumen sesuai dengan point 1 kepada petugas PTSP.
  • Petugas PTSP memeriksa kelengkapan dokumen dan memberikan informasi terkait dengan alur proses pelayanan penyuluhan hukum.
  • Petugas meminta nomor kontak untuk memberikan informasi perkembangan permohonan yang diusulkan kepada pemohon.
  • Petugas PTSP menyerahkan surat permohonan kepada staf sekretariat untuk disposisi pimpinan
  • Pimpinan menerbitkan surat perintah kepada Kasi Intelijen dan Tim
  • Kasi Intelijen membuat surat balasan kepada Pemohon untuk berkoordinasi tentang waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan penyuluhan hukum.
  • Pemohon mendapatkan penyuluhan hukum.
  1. WAKTU
  • Maksimal 5 (lima) hari kerja, jika semua persyaratan lengkap.
  1. BIAYA
  • Tidak ada biaya (gratis)

PELAYANAN HUKUM

 

1.PERSYARATAN

  • Fotocopi Kartu Identitas berupa KTP/SIM sebanyak 2 (dua) lembar.
  • Pemohon hanya mendapatkan pelayanan hukum dalam ruang lingkup permasalahan perdata dan tata usaha negara.
  • Pemohon bisa mendapatkan pelayanan hukum dengan datang langsung ke Pos Pelayanan Hukum dan atau melalui layanan duplikasi inovasi media sosial yaitu : whatshap japri_jpn : 082192667112, Intagram:KNPariaman, Facebook : Yankumline.KNPariaman dan twitter: Yankumline.KNPariaman.
  1. PROSEDUR
  • Pemohon menyerahkan semua persyaratan dokumen sesuai dengan point 1 kepada petugas PTSP.
  • Petugas PTSP memeriksa kelengkapan dokumen dan memberikan informasi terkait dengan alur proses pelayanan hukum.
  • Petugas PTSP menyerahkan kelengkapan dokumen kepada Petugas Pos Pelayanan Hukum yang ditunjuk.
  • Petugas PTSP memandu Pemohon ke ruangan Pos Pelayanan Hukum.
  • Pemohon mengisi buku tamu di ruangan Pos Pelayanan Hukum.
  • Pemohon mendapatkan pelayanan hukum.
  1. WAKTU
  • Maksimal 15 (lima belas) menit, jika semua persyaratan lengkap.
  1. BIAYA
  • Tidak ada biaya (gratis)